Kondiloma Akuminata merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, Kondiloma Akuminata adalah penyakit kutil pada areal kelamin yang timbul disebabkan oleh karena virus. Kutil kelamin merupakan penyakit kelamin yang sering sekali dianggap remeh penderitanya, tanpa disadari dan tanpa adanya pemeriksaan kutil kelamin bisa berdampak bahaya. Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit kulit, yang disebabkan oleh human Papiloma Virus (HPV). Virus HPV sering ditemukan pada kutil kelamin (condiloma), yang menyerang organ kelamin melalui hubungan intim. Kutil kelamin ditandai munculnya benjolan-benjolan di organ intim yang dapat menyerang wanita dan pria. Pada pria kutil dapat muncul di penis, buah zakar dan pada pria homo seksual kutil dapat muncul pada dubur. Pada wanita kutil dapat muncul di bibir vagina, saluran vagina dan anus. Kutil Kelamin juga bisa tumbuh di mulut atau tenggorokan orang yang melakukan secara oral dengan orang yang terinfeksi virus HPV penyebab.

Kutil kelamin merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh Virus Human Papiloma (HPV). Penularannya biasa melalui kontak seksual, juga dapat menular melalui kontak kulit. Penyebab Kondiloma Akuminata adalah virus HPV yang menginfeksi lapisan permukaan kulit. Perlu anda ketahui bahwa ada lebih dari 100 jenis virus HPV, tetapi hanya beberapa saja dari virus tersebut yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Human Papiloma Virus (HPV) tersebut dapat menyebar dengan cepat melalui kontak seksual dengan mereka yang terinfeksi. Bila melakukan hubungan seks dengan penderita yang sudah terinfeksi dua dari tiga yang melakukan hubungan seksual dengan mereka yang memiliki kutil kelamin juga terkena penyakit ini. Biasanya dalam tiga bulan setelah melakukan kontak, tetapi terkadang sampai beberapa tahun baru gejala muncul.

Pengobatan Kutil Kelamin biasanya dilakukan untuk menghilangkan kutil di area yang sakit, dengan 2 macam cara dengan obat-obatan dan tindakan, yang salah satunya dengan teknik laser. Namun tidak ada jaminan bahwa HPV sudah tidak terdapat lagi pada tubuh Anda dan tidak akan menularkannya pada orang lain. Dalam kondisi seperti ini anda perlu berdiskusi dengan dokter apa saja yang perlu dilakukan setelah pengobatan. Sehingga apabila Anda melakukan kontak seksual dengan orang lain ataupun memakai sex toys bersamaan dengan orang lain, anda dan pasangan seks anda bisa saling menularkan kembali HPV dan menimbulkan Kutil Kelamin. Walau Kutil Kelamin merupakan penyakit yang disebabkan virus sehingga tidak setiap orang yang tertular HPV pasti sakit.. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung lagi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang agar Dokter dapat berdiskusi mengenai kondisi medis dan opsi pengobatan bagi penyakit yang Anda alami. Mungkin Dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan skrining melalui pemeriksaan penunjang darah untuk Penyakit Menular Seksual(PMS), contohnya Sifilis, Herpes Genitalis, HIV dan lain-lain. Seseorang yang mengalami penyakit tersebut di atas melakukan perilaku seksual beresiko yaitu berganti pasangan, atau tertular dari hubungan seksual dengan pasangan istri/suami yang melakukan perilaku seksual beresiko. Anda dapat mebaca mengenai Penyakit Menular Seksual . Perilaku seksual beresiko adalah bergonta ganti pasangan seksual, berhubungan seksual dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksualnya, penggunaan sex toys secara bersama-sama, dan tidak menggunakan kondom/menggunakan kondom namun dengan cara yang kurang benar.

BACA JUGA

Solusi yang bisa Anda lakukan selama menjalani pengobatan dengan Dokter adalah

  • Tidak melakukan perilaku seksual beresiko. Atau bila Anda hanya memiliki satu pasangan seksual, sebaiknya ajak pasangan anda melakukan konsultasi langsung dengan Dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis dan pengobatan bila diperlukan. Tujuannya melakukan pemeriksaan ini adalah untuk memastikan apakah pasangan anda tidak terinfeksi, sehingga dengan begitu pasangan seksual Anda tidak menularkan kembali penyakit menular seksual kepada Anda. Lakukan hubungan seksual bila Dokter sudah menyatakan Anda berdua sembuh, untuk menghindari saling menularkan kembali Penyakit Menular Seksual.
  • Diskusikan dan ceritakan apa yang menjadi keluhan anda saat ini, dan jangan sungkan menginformasikan ke dokter bila ada riwayat seks bukan dengan satu pasangan. Lalu sebelum sepakat untuk melaksanakan pengobatan dengan Dokter. Tidak perlu sungkan untuk menanyakan mengenai detail pengobatan penyakit yang Anda alami sehingga info yang Anda dapatkan lengkap. Tujuannya agar dokter dapat melakukan pengobatan dengan baik dan tuntas.
  • Karena Kutil Kelamin merupakan penyakit oleh virus, kekebalan tubuh anda memiliki peranan penting untuk mencegah kekambuhan kutil. Jagalah kekebalan tubuh Anda dengan menerapkan pola hidup sehat seperti:
  • Beristirahat dengan cukup di malam hari , minimal 6 jam sehari.
  • Makan makanan yang sehat bergizi seimbang.
  • Konsumsi air minum yang cukup.
  • Berolahraga secara teratur 5x dalam seminggu
  • Menjaga kebersihan tubuh terutama kebersihan alat kelamin.

Demikian info Kami, semoga membantu Anda.

Jangan Malu untuk memeriksakan kondisi anda ke Klinik Pandawa yang memiliki dokter dan Tim Medis ahli dan berpengalaman di bidangnya, Bila mengalami keluhan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Untuk informasi lebih lanjut bisa konsultasi mengenai keluhan yang anda rasakan saat ini melalui Telp/WA : 0813 9812 6569 (Privasi)